Pages

Rabu, 26 November 2014

7 Dampak Positif Dari Negative Thinking

Kamu tahu ini akan terjadi.. Negative Thinking - Berpikiran negatif.. Yap! Siapa sih yang tidak pernah berpikiran negatif? Pesimis? Tidak mudah percaya? Takut?
Dan yang beredar di masyarakat adalah berpikiran negatif akan membawa dampak yang tidak bagus bagi diri kita sendiri, para motivator juga sering menekankan pikiran negatif tidak akan membuat kita maju. Benarkah pendapat seperti itu?
Ada 2 penulis buku yang meneliti dampak positif dari berpikiran negatif : Todd Kashdan dan Robert Biswas-Dieners berjudul The Upside of Your Dark Side, sertaGabriele Oettigen yang berjudul Rethinking Positive Thinking
Kedua buku ini menarik perhatian dari media, para penulis ini menjelaskan apa saja yang bagus dari pikiran negatif yang muncul dari dalam diri kita.
Berikut poin-poin yang menguntungkan mengenai pikiran negatif yang saya ringkas dari kedua buku itu :
1. Jika kamu merasa bahagia, nyaman, hidup dalam mimpimu, kamu tidak akan mendapat motivasi yang cukup untuk menyelesaikan segala sesuatunya, seperti yang dikutip dari buku Oettigen "keadaan yang nyaman dan perilaku yang baik dapat menghilangkan secara cepat motivasi yang dibutuhkan untuk bergerak dan menyusun rencana.. bermimpi itu tidak melakukan apapun"
2. Buku Kashdan dan Biswas-Diener yang dikutip New York Magazineberjudul "Grumpy People Get the Details Right" kedua penulis ini mengatakan, "Pikiran negatif seperti kegelisahan dan curiga dapat menjadi alat penyaring kehati-hatian dalam pikiran dan mata untuk mendapatkan detil yang penting"
3. Mereka juga melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa "orang-orang yang depresi cenderung melihat segala sesuatunya lebih seksama / detil" terutama di ekspresi wajah. Julie Lane dan saya menemukan sesuatu yang sama dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa orang-orang yang depresi itu tidak gampang percaya terhadap jaminan dan kepalsuan . Kadang-kadang orang-orang yang bahagia lebih mudah tertipu.
4. Mungkin kita tidak harus mencoba terlalu keras untuk selalu tersenyum. Kashdandan Biswas-Diener mencatat, "Sebuah alis berkerut atau kerutan menjadi peringatan untuk orang lain supaya tidak mengganggu anda"
5. New York Times menulis mengenai buku The Upside of Your Dark Side, dalam bab keuntungan pikiran negatif di lingkungan kerja, "sedikit suasana negatif di lingkungan kerja bisa membuat orang dari yang mudah setuju menjadikan mereka lebih fokus untuk mengerjakan segala sesuatunya dengan benar"
6. Dalam bukunya, Norem menjelaskan apa yang begitu baik tentang gaya dia sebut defensive pessimism. Pendekatan ini membuat kamu cenderung untuk membayangkan skenario terburuk ketika kamu memiliki sesuatu yang penting dalam bekerja (seperti presentasi). Bagaimana itu hal yang baik? Ini memotivasi kamu untuk memperkirakan hal buruk yang bisa terjadi dan membuat kamu memikirkan strategi untuk meminimalisasi hal buruk ini. Orang-orang yang melakukan ini, akhirnya mendapatkan hasil yang lebih baik daripada jika mereka tidak menggunakan strategi ini.
7. Cinta yang romantis adalah intisari dari semua cinta, tapi bukan hal yang menakjubkan ketika mengetahui pasanganmu berbohong kepadamu, Bahkan pada faktanya, terkadang orang asing bisa menebak jika kamu berbohong daripada pasanganmu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar